horoskop.web.id

Ramalan Bintang - Zodiak, Fengshui, Asmara, Spritual, Mantra, Dll


Benarkah Orang Kelahiran Juni dan Juli Lebih Jarang Jadi Bos? Baca Disini


Benarkah Orang Kelahiran Juni dan Juli Lebih Jarang Jadi Bos? Baca Disini. Jika ingin punya bayi, sebaiknya rencanakan kehamilan agar anak tidak lahir pada bulan Juni sampai Juli. Bukannya apa-apa, sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang dilahirkan pada rentang waktu tersebut amat jarang menjadi CEO atau bos perusahaan di kemudian hari.


Kedengarannya seperti ramalan zodiak memang. Tapi demikianlah kesimpulan penelitian yang dimuat jurnal Economic Letters. Penelitian ini dilakukan oleh Qianqian Diu dari Shanghai Jiao Tong University di Cina, Gao Huasheng dari Nanyang Technological University di Cina dan Maurice Levi dari University of British Columbia di Kanada.

Dalam sampel penelitian atas 500 perusahaan besar di Amerika, rata-rata ada sebanyak 8,33 persen CEO yang dilahirkan setiap bulan. Namun untuk persentase setiap bulannya memang berbeda-beda. Secara keseluruhan, kebanyakan bayi dilahirkan pada bulan September, Agustus, Juni dan Juli.

Dari hasil penelitian terhadap 375 orang CEO dari 500 perusahaan besar di AS pada tahun 1992 - 2009, hanya 6,13 persen para CEO yang dilahirkan di bulan Juni. Bayi yang lahir pada bulan Juli lebih sedikit lagi, yaitu hanya 5,87 persen. Bayi yang lahir pada bulan Maret atau April jauh lebih mujur dengan masing-masing memegang tampuk CEO sebanyak 12,53 persen dan 10,67 persen.

Jika dibandingkan dengan populasi umum, hanya 12 persen CEO yang lahir pada bulan Juni atau Juli. Padahal ada 17 persen dari populasi yang memegang jabatan ini. Para peneliti percaya bahwa fenomena ini disebabkan karena semester akademik. Di Amerika Serikat, sekolah umumnya bebas untuk menentukan kapankah perpindahan tahun pelajaran atau semesternya.

Sebagian besar sekolah lebih memilih memulai semester baru pada bulan September dan Januari. Akibatnya, bayi yang lahir pada bulan Juni dan Juli cenderung menjadi murid termuda di kelasnya, sementara yang lahir pada bulan Maret atau April cenderung menjadi murid tertua.

"Murid yang lebih senior di kelas cenderung mendapat prestasi lebih baik daripada yang paling muda di mana kecerdasannya kurang berkembang. Keberhasilan di awal semester sering dibantu dengan kepemimpinan yang baik dan kesempatan belajar yang lebih besar. Akibatnya akan mengarah pada manfaat yang besar di masa depan," kata Maurice Levi seperti dilansir Medical Daily.

Ini bukan yang pertama kalinya ada teori mengenai bulan kelahiran terkait dengan kesuksesan. Seorang penulis terkenal asal New York, Malcolm Gladwell, berpendapat bahwa pemain hoki profesional di Kanada cenderung dilahirkan di bulan Januari. Alasannya karena pendaftaran program hoki mulai dibuka pada tanggal 1 Januari, sehingga bayi yang lahir pada bulan itu menjadi atlet yang tertua.

Namun penelitian ini bisa saja bias atau rancu. Seorang CEO membutuhkan waktu dan kerja keras bertahun-tahun agar dapat meraih kesuksesan, bukan melulu disebabkan bulan kelahiran. Walau begitu, anak-anak yang dilahirkan pada bulan Juni atau Juli mungkin perlu mendapat perhatian khusus agar dapat mengimbangi teman sebayanya yang terhitung lebih tua beberapa bulan.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Benarkah Orang Kelahiran Juni dan Juli Lebih Jarang Jadi Bos? Baca Disini"

Download Ebook Gratis